Saturday, December 29, 2012

6:57 PM
Saat kita browsing di warnet tentu kita perlu kenyamanan dan keamanan saat melakukannya, kenyamanan yang pertama tentu dimulai dari enak atau tidaknya dilihat, setelah itu mulai kenyamanan dari kualitas komputer warnet yang kita gunakan, dimulai dari mouse, keyboard, layar,dsb. Utamanya adalah kecepatan akses data warnet tersebut, setelah itu mulai menginjak ke keamanan, saat kita membuka suatu akun, baik itu akun media jejaring sosial seperti facebook, twitter dan masih banyak yang lainnya yang sifatnya personal, tentu kita harus berhati-hati jangan sampai password kita tertinggal di komputer tersebut. Sebenarnya ini permasalahan yang akan saya fokuskan kali ini adalah tips dan trik merasa nyaman saat browsing internet, sehingga anda tidak merasa di mata-matai, ide ini muncul dari pengalaman saya saat browsing di warnet, ketika saya sedang mendownload file menggunakan IDM, tiba-tiba saja komputer saya mati, saya heran mengapa komputer di sebelah saya tidak mati? Setelah saya fikir sejenak, saya baru ingat bahwa semua warnet menerapkan sistem remote desktop, untuk lebih memahaminya silahkan anda cari di google, yang jelas fungsi dari sistem ini adalah kontrol terhadap komputer client dari server, kontrol bagaimana ?Kontrol sepenuhnya terhadap komputer yang kita gunakan di warnet, sehingga server (dalam hal ini saya maksudkan si penjaga warnet) dapat melihat aktifitas apa yang kita sedang lakukan, dapat mematikan komputer dari jarak jauh, bahkan dapat menggerakkan mouse kita. Tentu saja hal seperti ini akan memberikan dampak ketidaknyamanan yang membuat anda serasa dimata-matai dan diintai oleh kamera CCTV bukan ?
Lalu bagaiman usaha yang bisa kita lakukan ?
Inti dari solusinya adalah dengan menghentikan akses remote desktop komputer server terhadap komputer client.
Bagaimana caranya? Silahkan anda baca dan pahami dengan seksama tutorial Cyber Blog kali ini :
  • Cara ke-1 klik Star>Klik Control Panel>lalu pada view by pilih small icon>Klik  Windows Firewall dan pastikan Firewall aktif (on).

  • Selanjutnya kita pastikan checkbox menu remote desktop tidak di centang, caranya klik tab Exceptions, lalu perhatikan ke bawah, hilangkan centangnya pada "remote desktop".

  • Cara ke-2 adalah melalui system properties, anda buka windows explorer, kemudian pada my computer klik kanan dan klik properties kemudian klik tab remote kemudian klik advanced kemudian pastikan checkbox allow this computer to be controlled remotely dihilangkan.
Jika semua langkah berhasil, kini anda bisa menjelajahi dunia internet dengan aman tanpa dimata-matai, karena akses kontrol dari server ke komputer client telah anda putuskan.
Note : Anda pilih salah satu cara di atas yang anda sukai :)
Semoga bermanfaat...

0 comments :

Post a Comment